Minggu, 04 Desember 2016

CERITA PENGALAMAN YANG DI DENGARKAN

 Menceritakan Pengalaman

           Pengalaman adalah kejadian atau peristiwa yang pernah dialami. Selain pengalaman, kita dapat menceritakan kembali kejadian atau peristiwa yang kita  lihat. Pengungkapan pengalaman berarti mengemukakan atau memaparkan suatu peristiwa atau pengalaman yang pernah dialami berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa.
Contohnya :


     
          Nonton acara televisi bagiku adalah keharusan. Akan tetapi, tidak semua acara
televisi aku tonton. Yang pasti aku menonton acara televisi setelah selesai belajar.
Pada waktu-waktu itu biasanya acara yang ditayangkan adalah film, musik, dan
berita. Biasanya aku menonton film bersama kakakku.
Hari itu lain daripada yang lain. Sejak pukul setengah tujuh malam aku duduk
di depan pesawat televisi. Aku memilih channel televisi daerah. Mula-mula aku
hanya memerhatikan sambil lalu berita yang ditayangkan. Akan tetapi, tiba-tiba
aku mendengar pembaca berita menyampaikan berita tentang lomba menulis esai.
       Lomba diselenggarakan oleh Komunitas Kaum Muda Berprestasi di kotaku. Aku
tertarik dengan berita itu karena aku telah mengikuti lomba tersebut. Wajahku
terpampang di layar kaca bersama beberapa orang pemenang. Aku menjadi juara
II lomba menulis esai. Tanpa sadar aku berteriak-teriak sambil menunjuk ke layar
televisi.
”Hei, hei, aku masuk televisi! Lihat, aku masuk televisi!” teriakku.
Aku segera tersadar. Malam itu aku sedang di rumah sendirian. Tentu saja
tidak akan ada yang mendengar teriakanku. Aku jadi malu.
Esok harinya di sekolah teman-teman menghampiri aku. Kata teman-temanku,
”Wah hebat kamu, Luk! Wajahmu nongol di televisi tadi malam.”
Aku hanya senyum-senyum mendengar komentar teman-teman. Menurutku,
itu biasa-biasa saja, walaupun dalam hati bangga juga bisa nampang di televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar