1. PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
·
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
·
Menyajikan materi sebagai pengantar
·
Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
·
Guru menunjuk/memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
·
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
·
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai
·
Kesimpulan/rangkuman
2. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah :
·
Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota
tim
·
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang berbeda
·
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi
yang ditugaskan
·
Anggota dari tim yang berbeda yang telah
mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok
ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
·
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli
tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu
tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
·
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil
diskusi
·
Guru memberi evaluasi
·
Penutup
3. EXAMPLES NON
EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah :
·
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
·
Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan melalui OHP
·
Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
·
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
·
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan
hasil diskusinya
·
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
·
Kesimpulan
4. COOPERATIVE
SCRIPT
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
·
Guru membagi siswa untuk berpasangan
·
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
·
Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar
·
Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
·
Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
·
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
·
Penutup
5. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
·
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
·
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai
alternatif jawaban
·
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3
orang
·
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
·
Tiap kelompok (atau diacak kelompok
tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papat dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
·
Dari data-data di papan siswa diminta
membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang
disediakan guru
6. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi Dari Number Heads)
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
·
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
·
Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkaiMisalnya : siswa nomor satu
bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa
nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
·
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama
antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung
bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil
kerja sama mereka
·
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok
yang lain
·
Kesimpulan
7. NUMBERED HEADS
TOGETHER
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
·
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
·
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
·
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar
dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
·
Guru memanggil salah satu nomor siswa
dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
·
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
·
Kesimpulan
8. PROBLEM BASED
INTRODUCTION (PBI)
(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat
dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
·
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
·
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
·
Guru membantu siswa dalam merencanakan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi
tugas dengan temannya
·
Guru membantu siswa untuk melakukan
refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka da proses-proses
yang mereka gunakan
9. STUDENT
TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
·
Membentuk kelompok yang anggotanya = 4
orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku,
dll)
·
Guru menyajikan pelajaran
·
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan
pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
·
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada
seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
·
Memberi evaluasi
·
Kesimpulan
10. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
·
Untuk mengetahui daya serap siswa,
bentuklah kelompok berpasangan dua orang
·
Suruhlan seorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian
berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
·
Suruh siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian
siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
·
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi
yang sekiranya belum dipahami siswa
·
Kesimpulan/penutup
postingannya memberi manfaat bagi yang lain
BalasHapusterima kasih... postingan nya bermanfaat.
BalasHapus